10 Manfaat dan Khasiat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Khasiat Susu Kedelai – Di indonesia biji kacang kedelai banyak digunakan untuk bahan olahan produksi seperti untuk membuat tahu, tempe ataupun kecap.  Selain itu biji kacang kedelai juga bisa diolah menjadi minuman Susu Kedelai Sehat yang mempunyai nilai gizi dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Walaupun sebenarnya bukan termasuk kategori susu pada umumnya, tapi ternyata susu kedelai mempunyai komposisi  protein, karbohidrat serta lemak yang mirip dengan susu juga.

Minuman susu kedelai juga bisa dijadikan alternatif sumber nutrisi bagi yang alergi minum susu sapi. Karena susu kedelai tidak mengandung Laktosa Intoleran yang dapat memberi efek mual , muntah bahkan diare. Sedangkan kandungan Casein (protein lain) yang terdapat bisa mengganggu sistem imun dan memicu timbulnya alergi. Walaupun jumlah kalsium yang terdapat tidak sebanyak susu sapi anda tetap bisa mendapatkan banyak Khasiat Susu Kedelai lainnya serta manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tentunya. Terkadang juga rasa susu kedelai terasa pahit jika salah dalam membuatnya, tapi jika ingin praktis saat ini sudah banyak dijual di pasaran atau minimarketjenis  susu kedelai kemasan dan juga susu kedelai bubuk yang siap diseduh dan dinikmati. Bahkan saat ini banyak juga minuman susu kedelai yang dijual memiliki banyak tambahan nutrisi seperti kalsium, vitamin E, D, B12 dengan pilihan rasa yang dapat dipilih sesuai selera. Berikut ini adalah 10 Manfaat Susu Kedelai juga khasiatnya yang bisa anda ketahui dibawah ini.

Susu Kedelai Manfaat dan Khasiatnya

10 Manfaat dan Khasiat Susu Kedelai

1. Mencegah dan Menurunkam Resiko Kanker
Kandungan hormon tanaman phytoestrogen pada susu kedelai dapat mengontrol produksi testosteron sehingga bisa menurunkan resiko kanker prostat pada pria, serta dapat mencegah kanker payudara pada perempuan.

2. Mencegah Sindrom Menopause Pada Wanita
Sindrom Monopause secara fisiologis yang berarti berhentinya siklus menstruasi pada perempuan lanjut usia antara 40-50 tahun karena menurunnya produksi hormon estrogen. Adapun gejala-gejala yang biasa dirasakan adalah panas pada bagian atas tubuh (hot flush), sakit kepala (migren), sulit tidur (insomnia) serta badan lebih muda gemuk. Namun agar lebih muda dalam menjalani masa menopause minum susu kedelai sangatlah baik, karena kandungan isoflavonnya dapat menggantikan hormon estrogen. Sehingga dapat membantu menjalai  masa-masa menopause lebih mudah.

3. Atasi Radikal Bebas
Zat senyawa anti oksidan pada susu kedelai juga bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kanker.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes Miletus
Kandungan Asam Amino Glisin dan Asam Amino Argini pada susu kedelai bermanfaat untuk menjaga keseimbangan hormon insulin ( hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat dalam tubuh). Sehinnga baik untuk penderita diabetes miletus yang kekurangan insulin.

5. Mencegah Osteoporosis
Selain susu sapi Susu Kedelai juga dapat memberikan kalsium pada tulang, sehingga dapat menghambat kerusakan pada tulang, Walaupun nutrisinya tidak sebanyak susu sapi yang dihasilkan dari kelenjar hewan.

6.  Aman Untuk Bayi
Air susu ibu (ASI) memang sumber makanan dan minuman yang baik dan alami untuk bayi. Namun tidak jarang kaum ibu yang menggantikannya dengan susu sapi dengan beragam alasan. Tapi kenyataannya banyak juga balita yang alergi terhadap susu sapi dengan efek mual, muntah ataupun diare. Untuk itu susu kedelai bisa dijadikan alternatifnya penganti susu sapi, dan hanya berikan pada balita usia diatas 1 tahun dengan porsi minum 1-2 gelas (250 ml) perhari untuk dapat mensuplai 30 % protein sehari-hari.

7.  Mengurangi Kadar Kolesterol Darah.
Kandungan Lesitin yang bersifat melarutkan kolesterol dalam darah yang terdapat pada Susu kedelai ternyata juga dapat mengatasi penyempitan dan penyumbatan plak pada dinding arteri. Sehingga bermanfaat  mengurangi kadar kolesterol  jahat (LDL)  dalam tubuh.

8.  Menjaga dan Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat lainnya selain pencegahan terhadap penyakit kanker susu kedelai juga bermaanfaat untuk membantu mengontrol rasa lapar. Sehingga tubuh tidak akan mudah gemuk dan bagus untuk anda yang sedang diet agar tidak mudah lapar.

9. Sebagai Anti Aging
Penuaan dini adalah hal yang bersifat wajar dan alami yang sepatutnya tidak perlu ditakuti. Namun jika anda ingin mendapatkan khasiat dan manfaat susu kedelai untuk mengatasi penuan dini sebagai Anti-Aging adalah pilihan bagus. Dimana berbagai kandungan zat senyawa nya dapat menghambat penuaan dini (Anti Aging) .

10.  Mencegah Migraine
Migraine yang sering dialami kaum wanita biasanya suka kambuh. Dengan mengkonsumsi minuman susu kedelai secara teratur diyakini dapat mencegah migrain kambuh lagi. Ini dikarenakan kandungan susu kedelai yang mempunyai banyak sumber khasiat didalamnya seperti Vitamin B-Complek (kecuali B12), Asam Amino (terutama Lisin) dan Mineral (terutama Kalium) dengan jumlah yang tidak sedikit.

Itulah informasi kesehatan tentang 10 Khasiat Susu Kedelai yang dapat Tentangapa.com berikan. Semoga sedikit ulasan berjudul 10 Manfaat dan Khasiat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh Kita kali ini berman faat bagi anda yang membutuhkannya dan terimahkasih telah berkunjung di blog Tentangapa.com.