Resep Cara Membuat Kulit Lumpia Kering Renyah

Cara Buat Kulit Lumpia – Lumpia merupakan sejenis panganan tradisional Tionghoa yang berupa lembaran tipis dari tepung gandum yang dijadikan kulit lalu digunakan sebagai pembungkus isian yang biasanya terdiri dari rebung, telur, sayuran segar, daging atau makanan laut lainnya. Di Indonesia sendiri, lumpia dikenal sebagai salah satu makanan khas kota Semarang dengan tata cara pembuatan dan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan tradisi masyarakat setempat. Meski sebagai salah satu makanan khas kota Semarang, panganan lumpia ini sudah tersebar dan populer di beberapa kota lainnya di Indonesia. Ada dua jenis lumpia yang dikenal oleh masyarakat, yakni lumpia kering dan basah. Keduanya sama hanya berbeda saja dalam proses pengolahannya.

Sebagai bahan utama dalam pembuatan lumpia kering atau basah, kulit lumpia biasanya dibuat menggunakan tepung gandum maupun tepung terigu. Kebanyakan masyarakat sangat menyukai dengan kulit lumpia yang tipis, garing, mulus, renyah dan gurih. Untuk mendapatkan hasil yang garing dan renyah, cara pengolahan untuk membuat kulit lumpia perlu diperhatikan, serta cara penyimpanan juga akan mempengaruhi kerenyahan dan kegurihan dan kulit lumpia.

kulit lumpia kering

Cara Membuat Kulit Lumpia Kering Renyah

Mungkin biasanya anda membeli kulit lumpia instant yang banyak dijual di swalayan. Namun tidak jarang kulit lumpia yang dibeli justru banyak yang sobek atau bentuknya tidak bulat sempurna, tentu saja hal tersebut akan membuat anda rugi. Untuk menghindari hal tersebut, anda juga dapat membuat kulit lumpia sendiri dirumah sehingga dapat memastikan tipis atau tebal sesuai dengan selera anda masing-masing. Sebelum anda membuat kulit lumpia sendiri, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui seperti:

  • Jika lumpia akan segera dikonsumsi sebaiknya taruh diatas selembar daun pisang, lalu tutupi bagian atasnya dengan daun pisang juga.
  • Jika lumpia akan disimpan dalam waktu yang lama, sebaiknya dimasukkan ke dalam kantong plastik untuk menjaga tetap renyah.

Setelah memperhatikan beberapa tips seperti diatas, kini saatnya anda mengetahui resep dan cara buat kulit lumpia kering sendiri dirumah dengan langkah yang sederhana, seperti yang akan Tentangapa.com jelaskan di bawah ini:

Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung terigu
  • 200 ml air
  • 150 ml telur (ambil putih telurnya saja)
  • 2 sdm minyak sayur (untuk bahan olesan)
  • Garam secukupnya

Cara Buat Kulit Lumpia:

  1. Campurkan tepung terigu dengan garam, lalu aduk hingga merata. Masukkan putih telur lalu aduk kembali dengan tangan hingga merata dan tuang air sedikit demi sedikit sambil terus di uleni. Uleni adonan hingga air habis dan lanjutkan menguleni setelah air habis selama kurang lebih 15 menit, kemudian diamkan adonan selama 40 menit.
  2. Siapkan wajan anti lengket lalu panaskan dengan menggunakan api kecil, olesi wajan dengan sedikit minyak. Gunakan kuas kue yang lebar, celupkan ke dalam adonan lalu oleskan ke dalam wajan hingga merata.
  3. Goreng adonan hingga bagian pinggir adonan terkelupas, angkat dan letakkan diatas daun pisang untuk menjaga agar tidak lengket. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.

Tips agar kulit lumpia tidak terlepas saat digoreng:

  1. Campurkan putih telur dengan 1 sdm air, lalu kocok hingga merata. Oleskan campuran putih telur dengan menggunakan kuas disepanjang bagian luar kulit lupia yang akan direkatkan, lalu tekan secara perlahan.
  2. Biarkan selama 15 menit agar merekat lebih kuat.
  3. Saat menggoreng usahakan hanya sekali saja membalik kulit lumpia jika bagian bawah sudah berwarna kekuningan.

Cara buat kulit lumpia seperti diatas dapat dengan mudah anda praktekkan sendiri dirumah, sehingga dapat lebih menghemat biaya dan membuat kulit yang tipis atau tebal sesuai dengan selera anda masing-masing. Sekian ulasan mengenai cara membuat kulit lumpia kering, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *