Cara Membuat Kulit Martabak Telor Bangka

Cara Buat Martabak Telor – Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan martabak, yang merupakan sajian hidangan khas Arab Saudi yang populer hingga ke Indonesia dan banyak terdapat di pedagang kaki lima. Di Indonesia sendiri, ada dua jenis martabak yang populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai camilan, yakni martabak manis yang diberi varian isian seperti coklat, pisang dan keju, serta martabak asin atau telor yang terbuat dari campuran telur dan daging. Biasanya pedagang kaki lima yang menjual martabak manis dan telor terkenal dengan nama martabak khas Bangka dan sering hadir tiap sore menuju malam hari. Untuk masyarakat yang senang rasa gurih dan pedas, biasanya memiliki martabak telor dengan tekstur yang renyah dibagian luar dan lembut dibagian dalam. Biasanya martabak telor disajikan dengan acar dan lombok atau cabai rawit, serta saus cuka yang menambah kelezatan martabak telor.

Ketika ingin menikmati martabak telor, mungkin anda harus menunggu sore atau malam hari, sebab biasanya pedagang baru memulai berjualan ketika sore dan malam hari. Sehingga anda jarang dapat menikmati martabak telor pada pagi atau kapan saja saat anda inginkan. Padahal anda tidak perlu menunggu sore atau malam hari untuk menikmati martabak telor, karena anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah. Bahan utama yang digunakan untuk membuat martabak telor adalah tepung terigu dan telur untuk membuat kulit martabak, serta isiannya yang terdiri dari potongan sayuran dan daging cincang.

Boleh Dicoba : Cara Membuat Kebab Turki

Jika anda ingin menikmati martabak telor kapan saja saat anda inginkan, anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Anda tidak perlu bingung, sebab telah banyak informasi Cara Buat Martabak Telor yang bisa anda temukan di buku resep atau situs internet. Seperti pada kesempatan kali ini, Tentangapa.com akan membantu anda mempersiapkan bahan-bahan dan langkah pembuatan martabak telor Bangka dengan mudah dan sederhana, seperti berikut:

Martabak Telor Bangka

Bahan Kulit Martabak:

  • 100 gr tepung terigu
  • Air matang secukupnya
  • 2 sdm telur kocok lepas
  • 1 sdm minyak atau margarin yang telah dilelehkan
  • Garam secukupnya

Bahan isian Martabak:

  • 300 gr daging giling
  • 1 batang daun bawang, iris dan campurkan ketika menumis daging giling
  • 4 batang daun bawang, iris
  • 1/2 – 1 siung bawang bombay, iris halus
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt lada bubuk
  • 6 butir telur
  • Merica dan garam secukupnya

Bahan Saus Martabak:

  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdt air asam Jawa
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal atau irisan cabai rawit, sesuai selera
  • 1 buah timun, iris
  • 2 sdm air matang

Cara Buat Kulit Martabak:

  1. Campurkan tepung terigu dengan minyak/margarin leleh, telur dan garam lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.
  2. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bentuk bulat dan rendam dengan minyak goreng.
  3. Diamkan selama 1-2 jam. Untuk 1 jam pertama adonan disarankan agar terendam semua dalam minyak goreng dingin, dan untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri minyak ke dalam wadah dan tutup dengan kain.

Cara Membuat Isian Martabak:

  1. Tumis bawang bombay, bawang putih hingga harum, lalu masukkan daging giling, lada bubuk, merica, irisan dari 1 batang daun bawang dan garam, lalu aduk hingga matang merata.
  2. Angkat dan sisihkan, lalu bagi menjadi 2 bagian.
  3. Kocok 4 butir telur lalu buat orak-arik setengah matang. Bagi menjadi 2 bagian dan sisihkan.

Cara Buat Saus Martabak:

Campurkan semua bahan kuah menjadi satu. Sisihkan.

Cara Buat Martabak Telor:

  1. Ambil 1 bagian adonan kulit lalu pipihkan dengan telapak tangan dan bentuk melingkar sehingga agak melebar. Pegang kedua ujung adonan lalu putar dari sisi kiri ke kanan kembali ditempat semula, lakukan cara tersebut berulang-ulang hingga adonan menjadi tipis. Untuk lebih instan dapat dengan cara digilas menggunakan batang gilingan atau botol kaca yang telah dibersihkan.
  2. Ambil mangkok lalu isi dengan 1 butir telur kocok, daging giling, orak-arik telur, irisan 2 batang daun bawang, garam dan merica, lalu aduk hingga merata.
  3. Untuk adonan kulit kedua, kerjakan cara yang sama dengan adonan kulit yang pertama, begitu juga dengan isiannya.
  4. Panaskan minyak dalan wajan ceper dengan diameter agak besar, masukkan adonan kulit yang telah ditipiskan, goreng sebentar lalu isi bagian tengahnya dengan adonan isian yang telah dicampur tadi.
  5. Lipat bagian pinggir kulit kearah tengah hingga tertutup rapat, goreng dan bolak-balik hingga matang merata.
  6. Angkat dan sajikan selagi hangat bersama saus martabak.

Selain martabak telor bangka berukuran martabak pada umumnya, bahan-bahan seperti diatas juga dapat dibuat martabak mini dengan menggunakan kulit martabak yang banyak tersedia di swalayan.

Artikel Terkait : Cara Membuat Kulit Lumpia Kering Renyah

Itulah tadi Cara buat martabak telor seperti diatas cukup mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah, sehingga anda dapat menikmati martabak telor kapan saja saat anda inginkan. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Kulit Martabak Telor Bangka, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *