Resep Cara Membuat Susu Kedelai Cair dan Bubuk Sendiri

Cara Membuat Susu Kedelai menjadi minuman sehat yang terbuat dari kacang kedelai ini tidak seperti susu sapi yang mengandung kolesterol, justru dapat mengurangi kandungan kolesterol jahat (LDL). Sejarah panjang kacang kedelai (soybean) dalam bahasa latinnya Glycine max berasal dari Asia Timur (China, Jepang dan Korea) menunjukkan betapa manfaat susu kedelai untuk semua usia baik untuk anak kecil maupun orang tua. Sebenarnya untuk membuat susu kedelai murni yang higienis tidak terlalu susah seperti yang dibayangkan. Tapi sebagaian orang yang tidak suka repot, maka cenderung memilih susu kedelai bubuk instan yang tahan lama dengan proses fermentasi. Namun jika kurang menyukainya tidak ada salahnya membuat sendiri dirumah, bisa saja ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI

Susu kedelai dalam bahasa inggris (soy milk) dapat juga dikreasikan aneka rasa sehingga cocok untuk disandingkan berjualan jajanan anak sekolah. Yang terpenting mengetahui cara pembuatannya agar tidak langu atau sengak, dengan begitu rasanya akan lebih nikmat, berikut ini proses cara pembuatannya.

Siapkan Bahan:

  • Kacang kedelai seperlunya (kedelai organik)

  • Buah strawberry atau jahe untuk memberi aroma rasa yang diinginkan

CaraMembuat Susu Kedelai Murni Tanpa Ampas

  1. Cuci bersih kedelai ke dalam rendaman air, jika ada kedelai kopong yang mengapung sebaiknya dibuang untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.

  2. Sebaiknya rendam dulu kedelai selama 7-10 jam dengan air sebanyak 3x jumlah kedelai tersebut. Tujuannya agar lebih mudah saat digiling.

  3. Tiriskan airnya menggunakan saringan.

  4. Rebus kedelai kedalam wadah dengan air mendidih selama 10-15 menit. Tujuannya untuk mengurangi bau langunya.

  5. Giling kedelai sampai halus ke dalam blender ataau mesin giling khusus sampai lembut. Anda juga dapat menambahkan buah strawberry atau jahe jika ingin memberikan rasa lain untuk dijual atau dikonsumsi sendiri.

  6. Peras ampas kedelai yang sudah selesai dengan kain blacu atau alat pres khusus untuk mendapatkan sarinya saja. Lakukan dua kali untuk mendapatkan hasil yang banyak.

  7. Rebus sari kedelai sambil terus diaduk-aduk agar tidak mengumpal. Gunakan suhu sekitar 60 sampai 90 derajat saja, jika menggunakan api besar maka cukup 3 menit saja. Tujuannya agar kandungan protein tidak rusak dan segala jenis mikroba, bakteri dan enzim pembuat langu bisa dihilangkan.

  8. Kacang kedelai yang sudah jadi biarkan sementara kurang lebih 40 menit.

  9. Tambahkan gula pasir atau gula merah jika ingin memberikan rasa manis.

  10. Agar bisa bertahan lebih lama susu kedelai yang sudah dibungkus bisa dinginkan kedalam kulkas.

Cara Membuat Susu Kedelai Bubuk Rumahan

  1. Cuci bersih kedelai ke dalam rendaman air, buang kedelai kopong yang mengapung.

  2. Sangrai kedelai menggunakan wajan yang terbuat dari tanah tanpa minyak, bila tidak ada gunakan saja wajan biasa. Terus bolak-balik agar tidak gosong menggunakan api sedang sampai kulitnya terkelupas kurang lebih 20 menit.

  3. Bisa juga menggunakan oven untuk memanaskannya, gunakan suhu 50-60 derajat saja sambil sesekali diawasi agar tidak sampai gosong.

  4. Angkat dinginkan, bersihkan sisa-sisa kulit yang terkelupas.

  5. Tumbuk atau giling kacang kedelai sampai sampai halus dan ayak dengan saringan tepung.

  6. Simpan bubuk kedelai kedalam toples atau kemas kedalam plastik rapat.

Demikian informasi resep dua Cara Membuat Susu Kedelai sendiri yang dapat dilakukan di rumah dari Tentangapa.com. Sehat memang mahal harganya tapi untuk hidup sehat tidak harus mahal bukan, contohnya dengan mengkonsumsi susu kedelai sehat dan bergizi seperti ini. Anda pun bisa menggunakan minuman ini untuk diet dengan di imbangi olah raga teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *