Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar

Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar – Surat kuasa adalah surat yang berisi mengenai pelimpahan berupa wewenang dari seseorang kepada orang lain atau dari satu pihak ke pihak lainnya. Pelimpahan yang terdapat dalam surat kuasa yang dibuat dapat mewakili pihak yang memberi wewenang secara penuh. Pada umumnya surat kuasa dibuat ketika salah satu pihak tidak memiliki banyak waktu atau terlalu sibuk untuk mengurus sebuah urusan, seperti halnya untuk mengurus proses administrasi yang sangat penting, namun tidak dapat ditangani oleh seorang diri. Oleh sebab itu dibuat surat kuasa untuk keperluan yang berisi mengenai pelimpahan wewenang salah satu pihak kepada seseorang untuk mengerjakan hal yang tidak dapat dilakukannya karena memiliki kesibukan lain.

Dalam pembuatan surat kuasa tidak dapat asal-asalan, sebab harus memiliki bukti keyakinan untuk menunjuk seseorang yang akan menerima surat kuasa tersebut. Banyak contoh surat kuasa yang dapat di temukan di internet untuk menjadi bahan referensi bagi anda. Namun sebelumnya anda juga harus mengetahui bahwa surat kuasa dapat di golongkan menjadi 2 bagian.

Surat Kuasa
Jenis Contoh Surat Kuasa

  1. Surat kuasa bersifat formal yang pada umumnya harus menggunakan materai Rp 6000,- serta dilengkapi dengan pemberi kuasa, penerima kuasa dan juga saksi-saksi yang bertujuan untuk memperkuat surat kuasa tersebut. Surat kuasa bersifat formal pada umumnya digunakan untuk kepentingan yang lebih khusus seperti surat kuasa atas tanah, surat kuasa atas sebuah usaha dan sebagainya.
  2. Surat kuasa bersifat non formal pada umumnya tidak memerlukan materai, hanya cukup pemberi dan penerima surat kuasa. Surat kuasa bersifat non formal biasanya digunakan untuk mengurus perpanjangan STNK, mengurus surat wasiat, mengambil uang pensiun dan sebagainya.

Sebelum memutuskan untuk membuat surat kuasa, anda juga harus memperhatikan beberapa hal umum agar surat kuasa yang anda buat merupakan surat kuasa dengan format yang baik dan benar, seperti berikut:

  • Mencantumkan judul pada bagian atas yaitu Surat Kuasa, dalam hukum dapat berupa Surat Kuasa Khusus maupun Surat Kuasa Substitusi.
  • Mencantumkan pihak yang terlibat dalam pengalihan kuasa. Hal pertama tulis profil biodata singkat pemberi kuasa kemudian profil singkat penerima kuasa.
  • Penutup surat.
  • Mencantumkan tanggal dan tempat pembuatan surat kuasa.
  • Mencantumkan tanda tangan dan nama pemberi kuasa serta penerima kuasa.
  • Untuk memperkuat keabsahan surat kuasa tersebut dapat disertai materai.

Jika anda masih bingung dengan pembuatan surat kuasa, dibawah ini ada contoh surat kuasa dengan format yang baik dan benar, yang bisa menjadi referensi bagi anda dan di modifikasi ulang sesuai dengan tujuan dari pembuatan surat kuasa yang akan anda buat.

Contoh Surat Kuasa

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama : Aldino Supardi
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 12 Februari 1978
Alamat : Jl. Soekarno Hatta No. 99, Bandung
No. KTP : 22.33.45.1234.12345
Pekerjaan : General Manager PT. Jaya Abadi

Memberi kuasa kepada

Nama : Suci Indahsari
Alamat : Jl. Kiara Condong No. 111, Bandung
No. KTP : 12.12.12.1234.12345
Pekerjaan : Karyawan PT. Jaya Abadi

Untuk pengambilan : Satu Buah Buku BPKB Mobil Xenia
Nopol : D 2222 R
Warna : Merah
No. Mesin : G-ADD-122-ID-1234567
No. Rangka : KLMNO-12345678-IDD-12345
Atas Nama : Aldino Supardi

Demikian Surat Kuasa ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana semestinya.

Bandung, Juli 2016

Yang Diberi Kuasa                                                                      Yang Memberikan Kuasa

 

 (Suci Indahsari)                                                                                (Aldino Supardi)

Contoh Surat Kuasa seperti diatas sudah mengikuti beberapa format umum yang baik dan benar, sehingga dapat menjadi referensi bagi anda dan bisa di modifikasi ulang sesuai dengan keperluan atau tujuan pembuatan dari surat kuasa yang akan anda buat nanti. Dengan pembuatan surat kuasa yang sebenar-benarnya, akan meyakinkan bagi penerima kuasa begitu pula sebaliknya. Semoga informasi mengenai Contoh Surat Kuasa Yang Baik dan Benar seperti diatas dapat bermanfaat.

Artikel terkaitContoh Surat Izin Sakit untuk Sekolah SD, SMP, SMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *