Distro Linux Ringan Lumayan Bisa Untuk Komputer Jadul

Anda punya komputer PC atau Notebook jadul yang sudah tidak anda gunakan karena lelet dan ketinggalan jaman, jangan anda tinggalkan begitu saja. Anda pasti sudah tau OS LINUX bukan operating system yang bersifat open source alias gratis ini bisa anda gunakan untuk komputer jadul anda bahkan pentium 2 juga bisa kok. Jadi komputer lama anda tidak hanya jadi barang rosokan saja masi bisa dipakai untuk anak anda, mengetik atau sekedar mendengarkan lagu. Berikut beberapa daftar Distro LINUX Ringan yang bisa anda coba mana yang cocok dan sesuai dengan pilihan.

 

distro linux open source

5 Distro Linux Cocok Untuk Komputer Lama:

  1. Puppy Linux
    Distro yang satu ini memang sangat ringan dan dapat berjalan pada RAM 48-54 MB dan mendukung format Fat 32 dan NTFS untuk membaca dan menulis data.Untuk menjalankannya tidak harus menginstalnya terlebih dahulu anda  bisa gunakan CD atau Flashdisk untuk membuat Bootablenya sehingga bisa dijlannkan secara instan. Tentunya ini lebih mengandalka RAM untuk menjalankannya lebih besar lebih baik, inilah yang disebut GUI SFS Boot Manager yang bertjuan untuk memberikan kemudahan user utnuk memuat SFS Module sehingga aplikasi yang sudah ada didlamnya bisa langsung dijalankantanpa menginstalnya terlebih dahulu. Didalamya sudah terdapat aplikasi multimedia untuk keperluan mengetik, hiburan dan juga browsing. Nama aplikasiya antara lain SeaMonkey, KDE, Gaim AbiWord, OpenOffcie, Bluefish, Xfinans, Gnumeric, Gxine, JWM, Firefox, Gimp dan puppy linux bisa melaukan recovery pada data. Tidak seperti distro lain Pupy dapat berjalan ketika live CD sudah berjalan anda bisa melepasnya tanpa takuk berhenti, karena file pada puppy sudah tersimpan dan berjalan pada RAM.
  2. Slitaz
    Slitaz merupakan distro linux berbasis GUI yang independent alias berdiri sendiri dan berjalan lumayan cepat untuk PC tua. File ISO 30 MB dan memerlukan space kosong hamya 80 MB saja. Dengan memori 256 MB saja sudah cukup cepat. Slitas sendiri dibangun menggunakan BussyBox dan untuk menambahkan aplikasi yang anda inginkan menggunakan tazpkg package manager yang dijalankan menggunakan console. Aplikasi didalamnya cukup lengkap untuk kebutuhan sehari-hari seperti internet, chating, untuk jaringan, server, burning cd, editor, audio, vidio dan masih banyak yang lainnya
  3. Tiny Core
    Distro yang ini memang bootingnya cepat karena berjalan menggunakan RAM pada komputer.Ukurannya hanya 10 MB lebih kecil dari Slitaz an dapat dijalankan dengan media Booting lewat CD ataupun Flashdisk. Untuk menambahkan aplikasi didalam menggunakan repository atau pun compiler sendiri. Jadi ini sangat cocok untuk komputer PC atau Laptop lama anda yang  mempunyai kapasitas rendah.
  4. VectorLinux
    Distro linux yang satu ini sangat sangat kompatible Intel, AMD dan x86. Walaupun space hardisk yang dibutuhnka lebih besar daripada distro lainnya yaitu 850 MB tapi aplikasi yang disediakan pun cukup lengkap dan mudah digunakan karena berbasis GUI. Distro linux yang diturunkan dari slackware ini butuh RAM 412 MB, Tapi ada juga VectorLinux yang standart sepertinya dapat berjalan pada ram 64 MB, jadi silahkan mencobanya.
  5. Antix
    Linux yang berbasis GUI ini hanya membutuhkan RAM 310 MB. Dengan Segudang aplikasi didalamnya untuk keperluan internet, office, multimedia, mp3, chating. Samadengan distro lionux lainya juga dapat dijalankan dengan Live CD ataupun USB Flashdisk

Jadi bagaimana apakah sobat masih menyia-nyiakan komputer tua sobat. Tidak ada salahnya anda mencobanya bukan. Silahkan share pengalaman sobat yang sudah mencoba di kolom komentar agar saling menambah wawasan bersama. Sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *