7 Gerakan Olahraga Ringan Untuk Mengecilkan Perut di Rumah

Olahraga Mengecilkan Perut di Rumah – Punya perut buncit bagi sebagian orang hal itu tidak menyenangkan di pandang terutama kaum hawa yang sering memperhatikan penampilannya. Sedangkan bagi seorang pria bentuk tubuh Sixpack juga benyak yang mengidamkannya. Bukan hanya sekedar untuk membentuk tubuh terlihat ideal olahraga mengecilkan perut juga bermanfaat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh agar tidak mudah drop.

Bila aktifitas padat yang menjadikan alasan tidak bisa melakkan olahraga, maka lakukan saja dirumah sehingga tidak perlu harus menunggu libur untuk melakukan jogging atau ke Gym. Mempraktekkannya secara rutin dengan benar menjadi kunci besar penentu keberhasilan, karena diet ketat juga belum tentu bisa berhasil kalau malas memperagakannya.

Waktu pagi hari dalam kondisi perut kosong menjadi waktu tepat menurunkan berat badan sebelum mulai terisi makanan lagi. Namun bagi seseorang yang mempunyai kebiasaan sulit bagun pagi untuk berolahraga maka waktu sore atau malam tetap bisa mempraktekkannya. Nah berikut ini beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah obesitas sehingga dapat meminimalisir dan mengecilkan perut tanpa harus keluar rumah.

1. Sit Up – Sudah pasti banyak yang mencobanya namun cara ini sering dianggap tidak efektif.

Kenyataannya masih banyak orang yang salah melakukan gerakan Sit Up dengan benar. Semestinya poisi kaki adalah menekuk bukannya lurus, sedangkan posisi tangan berada pada samping kepala bukan mendekapnya. Dengan begitu gerakan yang bertumpu pada otot perut ini akan mendapatkan hasil lebih maksimal.
Sit Up di Rumah
Anda dapat mengganjal kaki dengan bantuan benda disekitar rumah seperti bagain bawah meja atau meminta bantuan orang lain untuk memegang kaki. Lakukan secara rutin mulai dari 15 dan terus meningkatkan durasi waktunya sedikit demi sedikit setiap hari.

Jenis gerakan seperti ini akan lebih cocok jika lemak dalam tubuh tidak terlalu banyak. Ada juga gerakan serupa Push Up namun menggunakan balon khusus olahraga disebut Ball Crunch.

2. Dips – Bila Push Up dilakukan dengan tangan menyentuh lantai, sedangkan Dips posisi tubuh menjadi miring. Gunakan tumpuan seperti tempat tidur, lemari ataupun tembok rumah yang yang benar-benar kuat menyangga.
Gerakan Olahraga Dips
3. Back Up
– Sesuai dengan namanya gerkan ini kebalikan dari Sit Up dengan membalikkan tubuh telungkup. Mulai gerakkan tubuh ke atas tahan sebentar dan turunkan kebawah bawah, ulangi beberapa kali dan terus lakukan setiap hari. Bila perlu ganjal kaki dengan benda di sekitar rumah atau meminta seseorang untuk menahannya.
Olahraga Ringan Back Up
4. Vertical Leg Crunch
– Caranya berbaring dan menarik tubuh ke depan dengan meletakkan tangan di belakang kepala, lalu angkat kaki ke atas dan silangkan. Saat kaki berada diatas tarik tubuh ke atas seperti melakukan gerakan Site Up, sementara kepala dan pundak masih menempel di lantas. Bisa juga menempelkan kaki pada tembok lalu melakukan gerakannya
gerakan vertical leg crunch
5. Bicycle Exercise
– Gerakan mirip mengayun sepeda dilakukan dengan cara berbaring, sementara posisi tangan menempel di belakang kepala. Mulai angkat kepala dan kedua lutut secara bersamaan dan temukan lutut kanan dengan siku kiri sehingga akan menyilang. Lakukan sebaliknya kanan kiri terus menerus selama 15 atau 20 menit.
melatih otot perut bicycle exercise
6. Sikap Lilin – Gerakan yang juga ada pada yoga ini tidak akan sulit dilakukan, bahkan di atas kamar tidur sekalipun bisa dilakukan. Caranya dengan membaringkan tubuh lurus kemudian mengangkat kaki keatas sampai perut ikut terangka, sementara tangan kanan kiri menahan kanan kiri atau mengganjalnya dengan guling. Beberapa saat kemudian mulai turunkan sementara kaki masih tetap diatas dan ulangi beberapa kali setiap harinya.
gerakan sikap lilin

Baca Juga: Cara Agar Badan Gemuk Tapi Sehat

Bila memang benar-benar mengidamkan perut lebih langsing maka sebaiknya mulai hindari beberapa kebiasaan buruk ini. Diantaranya terbiasa makan malam hari sebelum tidur, terlalu lama duduk dan berhenti minum minuman mengandung alkohol. Pada kenyataannya pola makan berlemak dan jarang bergerak itulah yang menjadikan lemak lebih mudah terkumpul dan mengakibatkan obesitas.

Walaupun jenis Olahraga Mengecilkan Perut ini tergolong ringan, namun jika dilakukan secara rutin sedikit banyak akan melatih dan mengencangkan otot perut sehingga perlahan akan mengurangi lemak juga. Bila dalam beberapa minggu masih belum berhasil cobalah lakukan olahraga lari-lari atau bersepeda untuk membakar lemak dahulu. Setelah itu baru lakukan gerakan-gerakan olahraga seperti ini, tentunya akan lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *