Tips Cara Memilih Hewan Kambing Untuk Kurban Idul Adha

Cara Memilih Kambing Kurban – Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah (70 hari setelah perayaan Idul Fitri) merupakan hari yang identik dengan Hari Raya Qurban atau penyembelihan hewan kurban yang dilakukan setelah salat Ied.

Agar sah dalam pelaksanaan Qurban hewan yang dipilih tidak boleh asal begitu saja, khususnya kambing yang akan dibahas disini. Ada tata cara sendiri dalam Memilih Hewan Kurban yang sesuai dengan kriteria ajaran islam yang perlu diperhatikan.

Berikut tata caranya dalam memilih Kambing Kurban yang sehat dan sesuai ajaran islam.

kambing qurban

Cara Memilih Kambing Kurban yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam :

  1. Hewan kambing yang dijadikan Qurban tidak cacat misalnya buta, pincang sakit-sakitan, kurus dan tidak berdaya.
  2. Hewan sembelihan yang dijadikan Qurban dimiliki dengan kepemilikan yang sah (bukan hasil merampas, mencuri, riba, dibeli dengan uang haram ataupun dengan akad perjanjian yang tidak sah).
  3. Usia hewan kambing kurban sudah genap 1 tahun masuk tahun kedua (6  bulan bagi yang sulit mendapatkan 1 tahun). Ataupun Kambing Jawa usia minimal 1 tahun masuk tahun ke 2.

    Untuk mengetahui umur kambing bisa dilihat dari pergantian gigi susu (gigi lebih putih) ke gigi tetap (lebih besar daripada gigi susu) ini biasa disebut dengan istilah “Kupa”

  4. Kambing Qurban tidak boleh dibeli dengan patungan / urunan (selain kambing boleh)

Itulah kriteria keabsahan dalam memiih kambing kurban sesuai syariat.

Cara Memilih Kambing Yang Sehat Untuk Kurban (Qurban Idul Adha)

Tips agar tidak mendapatkan kambing yang tidak mempunyai penyakit Antraks.

Pilih kambing yang terlihat segar mengkilat dan bersih, memiliki mata yang cerah(tidak belekan), berbadan gemuk dan berisi, alat kelamin tidak besar sebelah (selir), tidak mempunyai penyakit Scabies (penyakit kulit), air liur tidak berlebihan, hidung tidak berlendir, suhu badannya normal.

Itulah Tips Cara Memilih Kambing Kurban di Hari Raya Idul Adha (Lebaran Haji). Semoga bermanfaat bagi anda yang akan berkurban. Jangan lupa juga membeli di tempat jual hewan Qurban yang mempunyai izin dagang ya. Sekian  wassalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *