Memilih VGA Card yang Baik dan Sesuai Kebutuhan

Sekilas tentang apa itu VGA Card (Video Grapics Accelerate) adalah salah satu komponen hadware komputer yang terintegerasi satru pada mobo (motherboard) yang berfungsi mengolah hasil informasi yang ada pada komputer ke layar monitor.

Bentuk VGA Card itu sendiri seperti kartu/card yang tertancap pada slot yang ada pada mobo. Untuk jenis VGA Card itu ada dua macam. Yaitu VGA Onboard (OB) dan VGA add-on.

VGA Onboard
Adalah VGA yang sudah ditanam menjadi satu pada mobo (motherboard) oleh pabrikannya yang bisa juga di nonaktifkan jika anda ingin menggunakan VGA Card lainnya. Ini juga bisa dijadikan solusi untuk menghemat biaya tanpa harus membeli VGA lagi. Untuk kinerjanya VGA OB relatif lebih renda tapi disaat ini banyak VGA OB yang memiliki kinerja yang bagus. Dan biasanya mobo yang menggunakan VGA OB ukurannya lebih kecil atau disebut microATX (mATX). Dikarenakn VGA OB tidak memiliki memori sendiri jadi memori utama komputer akan dibagi bersama (alias share memory),

VGA add-on
Adalah VGA tambahan yang bisa anda pilih jika anda merasa kurang puas dengan kinerja VGA sebelumnya. Jenis VGa tambahan (add on) yang sudah memiliki memori sendiri.

Memilih VGA ATI atau NVIDIA
Kenapa memilih VGA Card ini, karena ATI dan NVidia merupakan produsen kartu grafis yang terkenal yang menguasai pangsa pasar. Kalau VGA Card ATI lebih cenderung ke Image Quality (IQ atau kualitas gambar) sedangkan NVIDIA ke arah kinerja 3D frame rates (kecepatan penampilan frame per detik). Tapi seiring perkembangan keduanya saling menutupi kekurangan dan berimbang.

Pilih VGA Card Sesuai Jenis Slot Mobo (motherboard)

Dalam hal ini tentu yang kita bahas VGA add-on bukan VGA OB ya. Yang pertama anda harus mengetahui macam-macam slot yang akan digunakan tempat penghubung antara VGA dengan motherboard. Dimana jenis Slot ada tiga macam diantaranya.

  • VGA Card PCI (Peripheral Component Interconnect)

PCI hadir untuk menggantikan jenis Bus ISA/EISA yang pernah ada sebelumnya. Jenis ini mempunya data tramsfer sebesar 32 – 64 bit / detik lebih cepat dibanding sebelumnya yaitu ISA/ EISA . Karena fiturnya yang kurang PCI sangat jarang digunakan.

  • VGA Card AGP (Accelerated Graphics Port)

Slot AGP hadir untuk bisa mendapatkan peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory, cpu ke peralatan display dari itu dibuatlah . luntuk meningkatkan BUS yang . Dan Jenis ini bersifat independen artinya hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja.
Untuk spesifikasi sendiri AGP ini terdiri dari 4 jenis
Spesifikasi AGP 1.0 mempunyai kecepatan 66 MHz (AGP 1x) dan 133 MHz (AGP 2x), 32-bit, dengan tegangan 3.3 Volt. AGP versi 2.0 mempunyai kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x), serta tegangan yang lebih rendah, 1.5 Volt. AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz . Untuk lebih jelasnya lihatlah table berikut:

Jenis AGP yang terakhir adalah AGP Pro yang mempunyai slot lebih panjang dari AGP dan mempunyai kinerja leih tinggi hingga 110 Watt, lebih besar 25 Watt dari AGP yang hanya 85 Watt. Dan ukuran slotnya pun lebih panjang dari AGP.

  • VGA PCI Express

Yang terakhir adalah PCI Express yang mempunyai dua versi slot yaitu PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16 x. Bentuk slot ini lebih panjang. PCI Expressm mempunyai kemampuan mentransfer hingga 4000 Mbyte/detik atau 2 kali lebih cepat dari AGV 8X, dengan kebutuhan daya lebih sedikit voltase hanya 800 mV. Jenis inilah yang paling mutakhir saat ini.

VGA Card Untuk Bermain Game Berat
Jika anda seorang gamer VGA Card AMD dan Ati Radeon series adalah pilihan yang sesuai yang banyak direkomendasi gamer mania. Karena untuk keperluan game kelas berat tentu membutuhkan ruang memory yang besar (bahkan ada yang sampai 20GB), didukung oleh kurang lebih 500GB Memory Hardisk dengan kecepatan hard drive: 7200 RPM dan paling tidak mempunyai 8GB RAM atau minimal 4 GB RAM.

Nvidia Geforce GTX 500 M Series keatas
ATI Mobility Radeon HD 5800 Series keatas

Ada 3 hal yg perlu diperhatikan dalam mengetahui spesifikasi VGA adalah kapasitas memory, jenis memory dan lebar jalur komunikasi (buswidth).
Sebagai contoh ada VGA dgn spesifikasi 256 MB DDR3 128 bit. Yang berarti 256 MB besarnya memory VGA (berpengaruh pada tingginya resolusi yg mampu didukung VGA). Jika anda menggunakan monitor ukuran besar (yg tentu saja resolusinya juga tinggi) maka kapasitas memory VGAnya juga hrs lbh besar.
DDR3 adalah jenis memory yg mengacu pada kecepatan aksesnya dan tentu lebih cepat ketimbang DDR2.128 bit adalah lebar

Jika anda masih bingung mau Memilih VGA Card yang Baik yang seperti apa, sedikit saya share VGA Card add on yang banyak direkomendasikan oleh komputer mania yang bisa pilih adalah ATI RADEON  dan NVIDIA GeForce.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *