Ucapan Perkataan Yang Perlu Dihindari Orangtua Pada Anak

Mendidik anak merupakan tanggung jawab bagi setiap orang tua. Walaupn dalam pelaksanaannya sang anaklah yang menentukan masa depannya kelak. Tapi bukan berarti membiarkan anak begitu saja tanpa di didik dan diberikan pengarahan yang benar.

Ucapan perkataan pada anak perlu dikontrol (Copyright: ADHD or Active Child)

Ucapan perkataan pada anak perlu dikontrol (Copyright: ADHD or Active Child)

Disinilah permasalahan yang sering terjadi dalam proses mendidik anak entah sengaja ataupun tanpa kesengajaan. Sebagian besar orang tentu pernah memarahi sang anak entah sadar ataupun tidak terkadang terucap perkataan yang tidak seharusnya dilontarkan pada sang anak. Karena perkataan yang salah bisa mempengaruhi perkembangan sang anak.

Agar hal tersebut tidak terjadi sebagai orang tua perlu adanya kontrol diri saat sedang sibuk sekalipun. Dampak umum yang terjadi biasanya sang anak kurang percaya diri, sedih, bahkan kecewa pada orangtua. Terlebih disaat sedang emosi ataupun marah hal seperti ini seringkali terjadi.

Adapun beberapa perkataan sering terjadi yang perlu dihindari orangtua pada anak agar menjadi pembelajaran seperti dibawah ini.

1. Bisanya cuma jajan
Perkataan seperti sepele tapi bisa membuat murung atau anak merasa sedih. Mungkin satu kali dua kali tidak terlihat biasa tapi jika sering terjadi tentu berdampak negatif.

2. Nilai kamu jelek
Biasanya ini terjadi saat sang anak mendapatkan nilai atau ranking di sekolah yang kurang memuaskan. Seharusnya support yang harus diberikan agar lebih bersemangat lagi.

3. Kamu tidak seperti kaka atau adikmu
Perkataan yang membanding-bandingkan seperti ini bisa membuat sang anak merasa pilih kasih dan terasingkan.

4. Jangan malas
Perkataan yang bertujuan mengingatkan ini sebenarnya baik namun jika diucapkan dengan emosi tentu berbeda.

5. Kamu harus begini dan begitu
Terlalu memaksakan kehendak dan tanpa sebab bukan hal yang baik untuk untuk perkembangannya.  Jika mereka melakukan dengan terpaksa tentu hasilnya akan kurang baik.

Itulah beberapa ucapan perkataan yang seharusnya tidak boleh dilontarkan pada anak yang perlu dihindari, karena bagaimanapun ucapan orang tua adalah doa. Memang sulit dalam pelaksanaannya tapi semua itu demi masadepan sang anak bukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *